Bulan K3 Nasional

MCT Peduli dan Berbagi Berkah Ramadan
May 12, 2022

Pelaksanaan Bulan K3 Nasional 2023 berlangsung dari bulan Januari sampai Februari 2023. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Hal ini berdasarkan Pasal 1 angka 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Dan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit. Kebijakan penerapan K3 di Indonesia diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen K3 serta peraturan pelaksanaannya.

Tujuan Bulan K3 Tahun 2023, Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, Menjamin terlaksananya perlindungan K3 pada setiap kegiatan di semua sektor usaha, Meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era digital eknonomi, Mewujudkan sumber daya manusia K3 yang unggul dan berdaya saing, Meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Sasaran Bulan K3 Tahun 2023, Menerapkan SMK3, Nihil kecelakaan (Zero Accident), Meningkatnya produktivitas kerja, Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di semua sektor usaha yang berbudaya K3. Diharapkan seluruh lapisan departemen terkait dan pihak terkait lainnya dapat termotivasi untuk berperan aktif dalam pengingkatan pemasyarakatan K3. Sehingga tercipta pelaksanaan K3 secara mandiri dan dapat mendukung arah kebijakan, dengan demikian tujuan K3 dalam menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan sehat menuju kecelakaan nihil (Zero Accident) guna meningkatan produktivitas dapat segera terwujud secara nyata.

TERWUJUDNYA PEKERJAAN LAYAK YANG BERBUDAYA K3 GUNA MENDUKUNG KEBERLANGSUNGAN USAHA DISETIAP TEMPAT KERJA PT. PELABUHAN TEGAR INDONESIA TAHUN 2023

Comments are closed.