MCT Terapkan Program Go Green

MCT Berbagi : Konsisten Peduli
March 9, 2022
DITPOLAIRUD & PTI Gelar Vaksinasi Booster
March 28, 2022

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam melimpah. Baik kekayaan laut, kesuburan tanah yang menjadi cikal bakal tumbuhnya pepohonan rindang, gunung-gunung dan melimpahnya bahan pertambangan yang sangat dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Hidup (Ditjen PTKL) bahwa Indonesia berhasil menurunkan deforestasi 75,03% di periode tahun 2019-2020 hingga berada pada angka 115,46 ribu ha.

Di saat yang sama konsumsi listrik semakin hari semakin meningkat di mana bahan bakar batu bara masih merupakan primadona saat ini. PT. Perusahaan Listrik Negara mencatat konsumsi listrik pada Oktober 2021 naik 4,69% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dan keadaan lautpun kian memprihatinkan di mana limbah plastik Indonesia mencapai 66 juta ton per tahun, mirisnya satu sampah plastik saja bisa membutuhkan penguraian bertahun-tahun.

Mempertimbangkan hal hal tersebut, maka di tahun 2022, Marunda Center Terminal (MCT) atau PT. Pelabuhan Tegar Indonesia (PTI) sudah selayaknya memulai langkah awal menerapkan Go Green dalam lingkungan pekerjaan dan area MCT.

MCT memulai kegiatan Go-Green dengan slogan “All you need is less“, dengan cara mengurangi penggunaan kertas, mengurangi penggunaan listrik dan mengurangi pemakaian minuman dalam kemasan. 

Sebagai cara merealisasikan tujuan tersebut MCT mulai menerapkan beberapa cara, diantaranya: mengurangi kertas dengan menerapkan laporan-laporan berbasis elektronik, menggunakan ulang kertas bekas, dan mencetak dokumen hanya yang dibutuhkan saja. Untuk pengurangan pemakaian listrik, AC (Air Conditioner) akan dinyalakan sesuai kebutuhan, begitu juga penggunaan lampu akan dikurangi selama jam istirahat dan akan dimatikan seluruhnya ketika jam kerja sudah selesai, sementara untuk pengurangan plastik dan air mineral dalam kemasan, karyawan diwajibkan membawa tempat makan dan minum secara individu.

Mengingat keadaan yang masih berdampingan dengan pandemi, membawa tempat makan dan minum sendiri dapat mengurangi resiko penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kerja. Dengan satu langkah kecil ini MCT berharap dapat menjaga diri dan lingkungan, menjadikan lingkungan lebih indah, bersih dan sehat, juga membantu mengurangi global warming.

Kami berharap kerjasama dan partisipasi dari semua pihak baik karyawan, vendor, PBM, agen, maupun stakeholders lainnya untuk turut mensukseskan program Go Green ini demi menyelamatkan Indonesia dan bumi dari kerusakan.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *